7 Agu 2009

Bertanding turnamen yugioh online

Waah, saya lagi keranjingan game YuGiOh neh. Oleh karena itu 3 posting berturut-turut semuanya tentang YuGiOh, termasuk ini. Mungkin akan lebih banyak posting tentang YuGiOh lagi nih. Karena game YuGiOh walaupun hanya bermain seperti kartu biasa, ternyata lumayan meres otak juga loh. Bagaimana tidak, dibutuhkan strategi dalam mengeluarkan kartu monster, spell, dan kartu trap. Salah-salah strategi satu langkah pun bisa membuat Life Points kita terkuras hingga 0.::(

Oke, pada postingan ke 3 tentang YuGiOh ini saya akan membahas tentang YuGiOh turnamen. Sebelum turnamen kita terlebih dahulu harus mengetahui sistem ladder. Sistem ladder adalah suatu sistem dimana jika kita berduel kita akan mendapatkan poin. Baik itu win/menang, lose/kalah, ataupun draw/seri. Semua dicatat. Sehingga jika kita menang terus kita bisa pamer poin dengan teman-teman kita, bahkan mendapatkan hadiah. Website yang lumayan banyak peduel/duelist nya adalah yugiohlegend.com , di sana banyak teman-teman sesama peduel baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Tentu saja dengan menggunakan koneksi LAN virtual yaitu HAMACHI. Mengenai penggunaan hamachi dapat anda lihat di postingan kemarin.

Sebelum anda dapat masuk ke turnamen, anda harus terlebih dahulu berkualifikasi di sistem ladder. Anda harus register terlebih dahulu username anda di sini. Caranya gampang seperti register biasa. Yang agak beda anda disuruh mengisi username (nick) dan IP Hamachi anda. IP dan username sudah tertera pada tampilan utama hamachi, terdapat di bagian atas tampilan hamachi.

Sudah register? Bagus. Sekarang kita akan join dengan network. Bagi yang belum tahu cara join bisa dilihat di sini. Yugiohlegend.com sudah menentukan standar nama network dan password, yaitu yugiohlegend1 , yugiohlegend2 , yugiohlegend3 , yugiohlegend4 , dan seterusnya. Password untuk semua network tersebut sama yaitu 123. Jika network full (penuh) coba network selanjutnya.

Sudah join? Selanjutnya kita lihat userlist yugiohlegend.com , yugiohlegend.com/user_list.php. Di userlist kita dapat melihat duelist-duelist yang sedang online dan dapat diajak berduel. Dengan syarat bahwa duelist yang akan kita tantang tersebut harus online di network hamachi yang sama. Userlist yang online ditandai dengan lingkaran hijau di samping namanya. Biasanya diletakkan di bagian atas urutan supaya mudah dilihat.

Sebelum send challenge kita harus membuat kesepakatan dengan user yang akan ditantang. Anda harus mengatakan "ladder?" yang berarti menantang untuk berduel dengan sistem ladder. Jika dia bilang "yes" atau "ya", berarti dia siap untuk berduel.

Langkah selanjutnya setelah dia bilang yes adalah SEND CHALLENGE di yugiohlegend.com , buka halaman userlist tadi. Lalu cari nama yang akan kita ajak berduel. (catatan = beberapa duelist menggunakan nama berbeda dengan nick hamachi nya. Untuk melihat nama hamachi nya dapat dilihat di bagian "Name and room in hamachi").
Jika sudah dapat klik nama orang tersebut dan pilih "SEND CHALLENGE".

Maka pada bagian atas dari nama-nama peduel yaitu GLOBAL LADDER NEWS, akan terlihat (nama anda) challenge (nama yang ditantang) at (tanggal dan waktu).
Jika dia sudah menerima tantangan anda akan muncul selanjutnya (nama yang ditantang) accept duel challenge from (nama anda).
Tetapi jika dia menolak akan muncul selanjutnya (nama yang ditantang) reject duel challenge from (nama anda).

Jika tantangan anda sudah di accept, maka anda siap berduel. Bagi yang belum tahu cara memulai berduel online bisa dilihat di sini.

Sudah berduel? Siapa yang menang dan siapa yang kalah? Hmm, sekarang jika sudah kita harus confirm hasil duel kita. Ingat! Jangan bohong, karena akan segera ketahuan admin yugiohlegend dan kita akan di ban. Cara confirm adalah dengan menuju menu ladder di yugiohlegend.com/point_system.php , lihat pada bagian "paling bawah", di situ ada status anda,
- jika lawan anda belum memutuskan hasil pertandingan, maka akan terlihat
Result game, win - draw - lose , jika anda kalah menang klik win, jika seri klik draw, jika kalah klik lose.
- jika lawan sudah memutuskan hasil pertandingan, akan terlihat you has "win/lose" this match, jika hasilnya sesuai tinggal klik "confirm the result".
Jika langkah-langkah di atas anda akan mendapatkan 1 poin. Baik itu menang, seri, atau kalah.

Bagaimana? Mudah kah, sulitkah? Jika ada hal yang ditanyakan atau belum dimengerti bisa tinggalkan comment. Thanks.

Bagi yang ingin berduel dengan peduel indonesia silahkan join network =
- yugiohlegendindo
password 123
- kaskusyugioh
password pertamax
Nick dan username saya "chopper":okay:

Untuk mendownload game dan hamachi bisa dibaca terlebih dahulu di sini.

3 komentar:

  1. gimana sih cara maennya?? download dulu

    thanks

    BalasHapus
  2. baru mulai main kok gk pnya kartu..??? gmn cr dptinnya???

    help me...

    BalasHapus
  3. Cara Accept Klo di challenge gmn, Gan?

    BalasHapus

Tinggalkan comment nya ya.. :D