26 Jul 2009

Optimisasi handphone nokia anda dengan Nokia Software Updater

Perhatian : Baca terlebih dahulu petunjuk baik-baik. Karena mengupdate software handphone adalah hal yang sangat riskan bagi handphone anda.


Bagi sebagian orang mungkin mengupdate software komputer adalah hal yang lumrah. Tetapi bagaimana mengupdate software (OS) bawaan handphone? Mungkin yang mengetahuinya tidak sebanyak yang mengetahui aplikasi mig33. (ya iyalah, masa ya Masgelakguling). Manfaat mengupdate software (OS) bawaan handphone kita berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan adalah :
1. Proses membuka menu, submenu, aplikasi, kamera, musik, akan menjadi lebih cepat.
2. Stabilitas handphone lebih bagus.Hal ini dapat mencegah seringnya terjadi hang pada handphone.
3. Bertambahnya beberapa fungsi dari
handphone. Misal =
Software versi 3.xx pada nokia 5200 tidak dapat memunculkan status GPRS connect saat membuka aplikasi (contoh Operamini). Yaitu status huruf G bertanda kotak [G]. Sehingga akan menyulitkan pengguna apakah GPRS sudah connect apa belum jika sedang ada gangguan jaringan. Tetapi setelah saya update versi 5 ke atas, tampilan GPRS status pada Operamini saat connect dapat muncul. Dapat kelihatan apakah pulsa saya sudah saatnya berkurang atau belum. Wah, hal yang sangat membantu sekali bagi saya.


Nokia Software Updater dapat digunakan pada berbagai jenis handphone "berwarna" yang sudah memiliki OS (java & symbian). Syarat untuk dapat menggunakan software ini adalah :
1. Harus mempunyai konektifitas antara handphone dan PC, baik kabel, bluetooth, dan inframerah. (Konektifitas menggunakan bluetooth dan inframerah sangat tidak disarankan)
2. Kecepatan koneksi internet yang cepat. Bisa menggunakan atau di warnet. Sangat tidak disarankan menggunakan konektifitas dial-up di rumah. Kalo saya mengupdate menggunakan koneksi warnet, karena dapat dipastikan 95% stabil. Walaupun kadang-kadang agak lambat jika pengguna penuh:gatau:
3. Handphone yang akan di update harus mendukung bahwa software OS handphone tersebut dapat di update. Dapat dilihat apakah ada menu =
Menu - Pengaturan - Telepon - Pembaruan Telepon
Jika menu tersebut ada, berarti handphone anda support update software.


Berikut saya jabarkan langkah2 mengupdate software handphone dengan nokia software updater (sebelumnya maaf jika jenis handphone pada gambar2 di bawah berbeda2, karena saat pembuatan artikel ini saya menggunakan dialup telkomsel dirumah jadi tidak sambil mencoba & capture gambarnyanerd. Tetapi tahap caranya sama):

1. Gunakan Nokia PC Suite terlebih dahulu. Karena dengan Nokia PC Suite driver untuk handphone tidak perlu diinstal (dicari) lagi. Nokia PC Suite support universal handphone. Anda dapat menemukan dan mendownload PC Suite versi berapa yang cocok dengan tipe handphone anda di sini

2. Install PC suite seperti biasa. Ga perlu dijelasin kan
sengihnampakgigi

3. Buka Nokia PC Suite.

4. Jika sudah terinstall Nokia PC Suite yang cocok dengan handphone, koneksikan handphone dengan Komputer (Kabel, bluetooth, infrared ).

5. Tunggu beberapa saat, PC Suite akan menginstall driver handphone secara otomatis.

6. Jika sudah terhubung maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :






7. Klik kanan tray icon nokia PC Suite, pilih Pembaruan Perangkat Lunak Telepon.

8. Jika muncul dialog seperti di bawah ini, maka klik saja DOWNLOAD, hal ini karena software Nokia Software Updater sudah memiliki versi terbarunya. Tunggu beberapa saat hingga download selesai (kurang lebih 35 MB). Jika sudah selesai buka Nokia Software Updater (START - All Programs - Nokia Software Updater).




8. Setelah Nokia Software Updater terbuka, maka akan muncul dialog (STEP 1) Klik saja next.

9. STEP 2. Nokia Software Updater mencari apakah Handphone yang dipilih memiliki update software terbaru. Seperti gambar di bawah :













10. STEP 3. Jika sudah terdeteksi ada update-an terbaru, maka akan muncul seperti ini.


















11. KLIK "Update".. Tunggu beberapa saat hingga proses Update Selesai. Pastikan jangan sampai hubungan antara handphone dengan komputer jangan sampai terputus. Misalnya kabel koneksi dan handphone agak dijauhkan sedikit dari tempat anda untuk menghindari terputusnya sambungan karena senggolan.








12. Jika sudah selesai handphone akan mati dengan sendirinya. Jangan di apa-apakan dulu. Tunggu sekitar 10 menit untuk handphone menerapkan software terbarunya.

13. Klik FINISH.

SELAMAT!! ANDA TELAH MENGUPDATE SOFTWARE HANDPHONE NOKIA ANDA.celebrate

3 komentar:

  1. bos gimana cara menghubungkan hp dengan bluetooh.. cz usbnya rusak

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. mantap gan,misal pake kompi d rumah apa akan berefek kurang baik pada kompi kita gan?

    BalasHapus

Tinggalkan comment nya ya.. :D